Pengertian kualitas film BluRay, HDTC, CAM, HDRIP, WEBDL, CAM, dan lainnya

Bagi panikers yang sering streaming atau download film tentunya pernah mendengar tentang istilah-istilah kualitas film seperti judul di atas. Kualitas film yang tertera sangat mempengaruhi kepuasan menonton film. Oleh karena itu, mimin ingin memberikan sedikit informasi tentang istilah ini agar nantinya panikers tidak menyesal dikemudian hari, udah bergadang sampai jam 12 malam demi mendapatkan bonus quota, eh film yang di download malah bikin sakit mata.. asli nyesel. Berikut adalah urutan dari kualitas film yang paling bagus sampai dengan cukup bagus.

  1. Untuk kualitas film yang enak dinikmati diantaranya adalah kualitas BluRay, WEBDL, HDRIP, HDTV.
  2. Untuk kualitas film yang lumayan enak dinikmati diantaranya adalah DVDRip, WEBRIP, HDTC, HDTS, HDCAM.
  3. Selebihnya seperti kualitas DVDScr, CAM, TS, dan TC masih untung-untungan. Kalo genre filmnya horror yang biasanya mereka maennya di nuansa malam (iya kali hantu munculnye siang bolong), jadi sangat bikin sakit mata karena terlalu buram. Tapi demi mengobati rasa penasaran panikers yang sampe kebawa-bawa mimpi, cukup dengar suaranya aja apapun itu kualitasnya tetap semangat.

Nah, setelah mengetahui urutan kualitas film. Selanjutnya mimin informasikan sedikit hal mengenai istilah-istilah tersebut.

Kualitas BluRay

Adalah film yang dihasilkan dari hasil penggandaan BR disc yang sudah beredar dipasaran secara resmi, oleh karena itu gambarnya lebih detail dan suaranya pun jernih. Walaupun demikian ukuran file nya lebih besar.

Kualitas WEBDL

Adalah film yang biasanya diunduh dari provider resmi mengeluarkan film tersebut secara online. Seperti contoh dari iTunes store, Netflix, Hulu, dan lainnya yang menyediakan siaran TV online.

Biasanya kualitas WEBDL akan muncul sebelum kualitas BluRay nya muncul.

Kualitas HDTV / HDTVRip / HDTC / HDTS

Film-film seri sering menggunakan kualitas HDTV. Hampir sama seperti WEBDL, film dengan kualitas ini disiarkan oleh TV online. Kualitasnya pun mirip-mirip dengan WEBDL, tapi di bawah dari WEBDL.

Sedangkan HDTC, adalah film yang dihasilkan dari proses perekaman menggunakan alat untuk menggandakan film dari projector ke format digital atau biasa juga disebut Telecine dalam kualitas HD.

Kualitas DVDRip, WEBRip

Adalah merupakan film hasil penggandaan dari DVD aslinya. Terkadang terdapat subtitle bahasa asing yang sudah menempel di dalamnya, jadi agak sedikit mengganggu karena harus diblok dengan subtitle Indonesia di depannya.

Kualitas CAM

Adalah film yang dihasilkan dari proses perekaman menggunakan video recorder, bisa dari hp ataupun video recorder yang direkam dari bioskop.

Kualitas CAM adalah kualitas yang paling rendah, tetapi paling ter-update untuk film-film barunya dan ukuran filenya pun lebih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *